Kamis, 21 April 2016

Ketahuilah Pantangan Yang Harus Di Hindari Penderita Asma

Ketahuilah Pantangan Yang Harus Di Hindari Penderita Asma

Ketahuilah Pantangan Yang Harus Di Hindari Penderita Asma,-Pada kesempatan kali ini,kami akan berbgi sedikit informasi khususnya untuk yang sedang menderita penyakit asma.Namun anda tidak perlu khawatir apapun penyakit yang sedang anda derita saat ini pastilah akan bisa disembuhkan secara efektif,dan tentunya hal ini perlu niat dan juga ihtiar yang harus selalu dilakukan sepanjang waktu,nah sobat kesehatan,berikut ini ada beberapa pantangan yang harus di hindari oleh para penderita penyakit asma,lalu apa sajakah pantangan yang harus dihindari itu ? berikut daftarnya :

Ketahuilah Pantangan Yang Harus Di Hindari Penderita Asma

 

  • Terkena Debu

Debu menjadi musuh berat semua penderita asma. Banyak debu yang berasal dari lingkungan. Debu bisa masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan reaksi alergi. Untuk itu semua penderita asma harus tinggal dalam lingkungan yang sehat dan bersih dari debu. Penting bagi penderita asma untuk memiliki kamar dan rumah yang bersih dari debu seperti debu kotoran maupun debu cat dinding.

  • Mencium Serbuk Sari Bunga

Bunga memang kelihatan sangat indah. Tapi serbuk sari dari bunga bisa menyebabkan asma kambuh atau serangan asma dalam waktu yang sangat cepat. Untuk itu penderita asma harus jauh dari bunga-bunga yang sudah layu atau mati. Selain itu jangan pernah meletakkan pot bunga atau tanaman yang dalam sebuah ruangan.

  • Semua Hewan Berbulu (Kucing dan Anjing)

Penderita asma harus menjauhi semua hewan yang memiliki bulu yang mudah rontok seperti anjing dan kucing. Sebenarnya selain bulu hewan, penderita asma juga sangat rentan terhadap beberapa partikel kotor yang berasal dari hewan seperti air liur dan kulit binatang. Untuk itu sebaiknya penderita asma tidak memelihara hewan seperti anjing dan kucing.

  • Rokok Dan Asap Rokok

Pantangan asma selanjutnya adalah pada asap rokok yang sangat berbahaya bagi penderita asma. Bahaya Asap rokok mengandung nikotin yang bisa tertinggal dalam saluran pernafasan. Bahkan penderita asma harus benar-benar tidak terpapar asap rokok. Sedikit saja asap dan nikotin yang masuk ke dalam paru-paru maka bisa mengancam jiwa. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sangat dilarang untuk merokok karena bisa menyebabkan bayi mereka menderita asma.

  • Asap Dan Aroma Menyengat

Semua jenis asap dan aroma yang menyengat bisa menyebabkan serangan asma. Asap dan bau bisa menyebabkan saluran pernafasan menjadi sangat sensitif. Produksi lendir pada saluran pernafasan bisa menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan penderita sulit untuk bernafas dengan baik.Untuk mengatasi hal ini maka bisa memakai kipas angin atau pendingin ruangan.

  • Olahraga Berat

Penderita asma memang dianjurkan untuk latihan atau olahraga untuk membantu melatih organ pernafasan. Tapi jenis olahraga berat yang memicu kelelahan dan membutuhkan banyak tenaga sebenarnya sangat dilarang. Jenis olahraga yang berat dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk bernafas.Hal inilah yang menyebabkan kondisi penderita asma semakin memburuk. Meski terdapat manfaat olahraga bagi kesehatan, namun jika terlalu berat akan memperparah penderita asma. Tapi beberapa latihan ringan selama 15 menit setiap hari memang sangat disarankan.

  • Aspirin

Aspirin termasuk beberapa jenis obat yang bisa menjadi pemicu asma. Pemakaian aspirin dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kondisi asma semakin memburuk. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya konsumsi obat bagi penderita asma hanya boleh dilakukan dengan dasar resep dokter.Jika penderita asma sakit dan membutuhkan obat-obatan sebaiknya harus mendapatkan resep dari dokter. Meski spirin merupakan obat yang juga mengobati penyakit, namun penggunaan obat ini dapat meyebabkan adanya efek samping aspirin bagi penderita asma.

  • Terkena Cuaca Terlalu Panas dan Dingin

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrim bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Jika cuaca terlalu dingin maka bisa menyebabkan saluran pernafasan mudah menyempit sehingga serangan asma bisa terjadi kapan saja. Sementara jika cuaca terlalu panas maka bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan. Jadi penderita asma harus bisa mengatur perlindungan saat cuaca sedang panas atau dingin.

  • Tekanan Emosi Terlalu Kuat

Salah satu masalah asma yang sangat sensitif adalah apabila terkena tekanan emosi yang terlalu kuat. Tekanan emosi seperti rasa cemas yang berlebihan, rasa takut, bahkan rasa gembira juga bisa membuat asma cepat kambuh. Tingkat stres yang tinggi juga bisa menyebabkan serangan asma.Hal ini disebabkan karena ketika ada tekanan emosi yang terlalu kuat maka bisa menyebabkan perubahan denyut jantung sangat sangat kuat. Setelah denyut jantung mengalami perubahan maka bisa menyebabkan perubahan pola pernafasan dan memicu serangan asma.

  • Produk Makanan Pemicu Alergi

Penderita asma harus mengetahui beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pemicu alergi. Umumnya penderita asma selalu memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Karena itu pemeriksaan alergi diperlukan untuk mengetahui pemicu yang pasti. Produk yang biasanya memicu alergi adalah seperti telur, susu sapi, kacang, ikan, gandum, kedelai dan beberapa jenis pengawet makanan.

  • Garam

Pantangan asma terakhir adalah garam. Garam biasanya dipakai untuk bumbu masakan dan sebagai salah satu zat pengawet alami. Namun konsumsi garam yang berlebihan untuk penderita asma bias menyebabkan kondisi asma menjadi lebih buruk. Jadi sebaiknya penderita asma tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan dan cenderung menggunakan bumbu pengganti.

Nah sobat kesehatan itulah ulasan lengkapnya mengenai hal apa saja yang harus dihindari oleh para penderita asma,semoga artikel ini bisa membantu anda dan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :

Pengobatan Untuk Sembuhkan Asma Akut Dan Kronis
Tanda Dan Gejala Terkena Penyakit Asma
Ketahuilah 7 Makanan Sehat Untuk Mencegah Asma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar