Senin, 23 Mei 2016

12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Selamat datang kembali di halaman blog resmi siteinfokesehatan.blogspot.co.id ,tempat kumpulan informasi menarik mengenai kesehatan dan kecantikan terkini ,terbaru,dan terupadate.Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi menarik kepada anda mengenai 12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi, yang mungkin bisa kita manfaatkan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang sedang kita derita.Anda penasaran apa sajakah buah-buahan tersebut ? berikut ini ulasan lengkapnya.

12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi


12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi
12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi,-Kolesterol tinggi memang menjadi sebuah kondisi yang tidak boleh untuk disepelekan begitu saja,mengapa demikian ? hal ini karena apabila kolesterol tinggi ini dibiarkan oleh anda begitu saja bisa sangat berbahaya bagi kesehatan karena kolesterol tinggi ini bisa mengakibatkan timbulnya penyakit lain yakni seperti stroke dan serangan jantung.

Batas kadar kolesterol yang normal pada tubuh manusia adalah sekitar 160-200 mg,apabila melebihi batas normal ini segerakan untuk mengatasinya.Penyebab dari naiknya kolesterol sendiri akibat dari pola makan yang kita lakukan setiap harinya tidak sesuai dengan pola makan sehat,sehingga itulah yang memicu tingginya kolesterol.Oleh karenanya untuk mencegah dan mengatasi hal ini kami merekomendasikan kepada anda agar senantiasa mengonsumsi makanan yang rendah kalori serta dibantu dengan mengonsumsi beberapa buah-buahan seperti di bawah ini :

  • Jeruk Nipis
Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima.

  • Jambu Biji / Jambu Merah
Jambu biji kaya akan likopen yang berperanan dalam mengendalikan produksi kolesterol. Buah-buahan lain yang berfungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah.

  • Buah Delima
Delima mengandung zat untuk menurunkan kolesterol darah, dan menghilangkan plak dalam aliran darah. Buah delima meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah.

  • Buah Mangga
Mangga banyak memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh.

  • Buah Blueberry
Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry mengandung pterostilbene yang memiliki fungsi antioksidan dalam tubuh.

  • Buah Anggur
Anggur ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.

Baca Jugha Informasi Terkaitnya : Cara Paling Jitu Menurunkan Kolesterol Tinggi

  • Buah Alpukat
Alpukat sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat bisa dibuat untuk  juice karena selain banyak terdapat lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.

  • Buah Zaitun
Kandungan zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol) dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini akan berefek positif terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.

  • Jeruk Lemon
Jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C dan memiliki senyawa untuk mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Juga terdapat antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.

  • Buah Tomat
Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Tomat juga makanan untuk penderita maag kronis yang sangat membantu.

  • Buah Strawberry
Memilkiki zat antioksidan yang dapat menangkis lemak jahat (LDL) dan mencegah oksidasi yang merugikan tubuh. Banyak ditemukan di kebun-kebun daerah pegunungan. Lebih sering dijadikan juice atau dimakan langsung.

  • Buah Apel
Apel memiliki zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Buah lain yang memiliki fungsi sama yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti apel dan pir. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencebgah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Apel bisa dibuat cuka apel. Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. Konsumsi cuka apel secara rutin akan menunjukan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL). Apel merupakan makanan untuk penderita diabetes super ampuh

Sekarang sudah jelas bukan,bahwa penyebab dari naiknya kadar kolesterol ini sebenarnya di sebabkan oleh kelalaian dari diri kita sendiri yang dengan sengaja membiarkan makanan yang mengndung kalori dan juga lemak tinggi masuk dan dikonsumsi setiap harinya.Namun meskipun demikian sekarang kita semua sudah bisa tahu bagaimana cara untuk mengantisipasi dan mengatasinya salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan sehat tadi.Semoga dengan adanya informasi ini kita bisa terhindar dari terkena kolesterol tinggi,Dan juga bisa lebih memilah dan memilih lagi makanan yang akan di konsumsi.,-12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi


12 Jenis Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar